REVIEW MODEM 4G ALCATEL 1K3M 4G

REVIEW MODEM ALCATEL 1K3M 4G
sebelumnya kita sudah mengenal berbagai merek modem 4G di luar sana yang namanya sudah tidak asing lagi, nah berikut saya akan memberikan review salah satu yang sangat kontroversial di dunia permodeman. yaitu ALCATEL 1K3M. tanpa basabasi lagi mari kita lihat dari awal pembelian.  berikut penampakan bungkus dari modem tersebut.

sukakacang
bagian depan box


SUKAKACANG
bagian belakang box


SUKAKACANG
dalam box
Modem ini tidak jauh beda dari modem-modem merek lainnya, dan setelah saya survey dari beberapa online shop dan toko-toko komputer lainnya. memang benar hanya modem ini yg termurah yang  saya dapatkan berkisar 300 ribu berbeda dengan modem lain yang masih di atas 500 ribu. untuk kelas modem 4G. selain harga kelebihan modem ini juga terdapat pada spec yang di berikan.seperti yang kita lihat pada gambar ke 2. modem ini juga mendukung jaringan 2G dan 3G dimana kebanyakan modem lain hanya bisa menangkap atau support jaringan 4G saja. modem ini juga dapat di pasangkan dua antena external yang terdapat pada bagian blakang modem di balik chasing nya tepat di samping slot SIM card. berikut penampakannya.




perlu di perhatikan, cara membuka bagian belakang modem ini adalah dengan cara menggeser bagian bawah chasing ke arah belakang (bagian depan adalah tempat USB port berada)
dan jangan salah membuka ya, pengalaman saya membuka dengan dengan cara mengcongkel dan akhir nya sedikit longgar. hehee nah selain terdapat lubang tempat antena. kita juga bisa menjadikan modem tersebut layaknya antena. karena bagian kepala modem ini dapat berputar hingga hampir 360 derajat. seperti gambar di bawah.







Nah setelah dari tadi kita membicarakan sisi luar dari modem ALCATEL 4G 1K3M,
mari kita telusuk lebih dalam. mulai dari cara instal modem pada komputer atau PC anda.
modem ini tidak terlalu ribet atau rumit. kita cukup menancapkan ke USB port pada komputer dan setelah itu akan muncul setup installer secara otomatis. dan kita tinggal click "next" tapi jangan lupa di pilihan bahasanya cuma ada 2 yaitu arabic dan english nah setelah installer muncul yang pertama keluar adalah pilihan bahasa, jadi jangan asal next ya, nanti malah gak ngerti bahasa arabic. karena memang product ini berasal dari negri minyak tersebut. oia  perlu di ingat bahwa modem hanya akan bekerja pada OS win2000, XP, VISTA, dan win 7 dan juga Mac OS. jadi yang punya win 8 ke atas mending pake merk lain, wkwkwk
cara menjalankan modem ini juga sangat simple. setelah anda login anda tinggal tunggu modem membaca katu SIM anda dan tunggu sampai keluar tulusan "connect" pada aplikasinya.

Modem ini juga terdapat lampu indikator (LED) untuk mengetahui bahwa modem sedang dalam keadaan terkoneksi atau searching. seperti gambar.


lampu indikator berwarna biru

lampu indikator berwarna merah

Ketika lampu berwarna merah berkedip itu tanda nya modem tidak ada jaringan atau kartu SIM tidak terpasang.
Sedangkan jika berwarna biru berkedip itu artinya modem siap di gunakan atu siap di koneksikan ke internet dan setelah terkoneksi maka lampu biru akan nyala terus.

Dari tadi kita sudah bicara kelebihan tentang modem ini, pasti ada dong kekurangan yang menonjol dari modem yang di bandrol sekitar 300 ribu ini. yaitu salah satunya.
Modem ini hanya mampu menangkap kecepatan jaringan LTE sebesar 100Mbps di bandingkan modem lain yang sudah mencapai 150Mbps atau bahkan lebih.
Dan yang paling menonjol adalah modem ini tidak sepenuhnya support 4G kesemua provider yang ada di indonesia. modem ini hanya support 2 provider dan untung nya provider yang sudah melegenda di indonesia. yaitu 4G BOLT dari Telkomsel dan Smartfren 4G LTE. jadi jika kedua provider tersebut belum ada di daerah anda atau koneksi nya buruk. jangan berharap dapat menikmati layanan 4G dari modem ini. bukan berarti provider lain tidak dapat masuk ke dalam modem ini, kita juga bisa menggunakan jaringan 3G atau HSPA dari provider lain.

Sekian dari saya dan semoga bermanfaat bagi pembaca. jangan lupa untuk mencari info terlebih dahulu sebelum anda memilihnya.

19 komentar:

  1. indosat 4G sudah dicoba belum gan?

    BalasHapus
  2. sudah gan dan yang pertama saya pake adalah indosat 4g ooredoo, dan memang dia tidak dapat signyal 4Gnya namun jika kita beli paket kuota 4G tetep kepotong kuota 4Gnya tapi dalam penggunaan signal HSPDA atau yang lainnya.. saya juga sudah coba ke three dan hasil nya sama, sekarang yang saya gunakan adalah smartfren,

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kok bisa, mantap kalau gitu

      Hapus
    2. Serius gan? Paket 4g nya kepotong di signal hspda??

      Hapus
  3. cara bongkar nih modem gimana gan?
    modem ane merah terus..........
    soalnya ane pernah nyongkel karena salah satu kartu ane kaga bisa keluar, setelah itu modem merah terus.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah membongakarnya, cuma di lihat dari segi casing pada modem,sepertinya kita tinggal buka scrup/baut yang ada di kepala modem karena pada pantat modem tidak ada scrup yang mengikat, saya juga merasakan ada sedikit celah pada pantat modem untuk di buka namun di bagian kepalanya tidak ada celah untuk di buka. bisa di coba gan, namun saat membuka hati2 karena bisa saja ada komponen yang melekat padacasing modemnya..

      Hapus
  4. Ini modem make provider 4g selain 2 itu bisa nggak gan ?? takut nya ngggak bisa ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa gan, hanya tersedeia untuk 2 provider yang tertera pada box modem 4g tersebut

      Hapus
  5. gan, sim card yg dipake smartf fren 4g lte? kok ane kaga bisa connect yah. searching terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah di aktifasi gan kartunya? jika belom coba di aktifasi terlebih dahulu, atau jika sudah coba cari tempat baru untuk modemmnya, siapa tau masalah signyal, atau coba di slot Usb baru, banyak kemungkinan gan.

      Hapus
  6. gan, sim card yg dipake smartf fren 4g lte? kok ane kaga bisa connect yah. searching terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah di aktifasi gan kartunya? jika belom coba di aktifasi terlebih dahulu, atau jika sudah coba cari tempat baru untuk modemmnya, siapa tau masalah signyal, atau coba di slot Usb baru, banyak kemungkinan gan.

      Hapus
  7. 4g telkomsel bisa ga gan di modem ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan tapi yang khusus bertuliskan BOLT

      Hapus
  8. sim yang di gunakan yang besar gan, cara nya Bagian Chip (yang ada tembaganya) di bagian bawah, (mendekati USB slot) menghadap ke badan modem, carea memasukan tinggal di GESER ke dalam, gan, atau di Geser keluar juka ingin mengeluarkan.

    BalasHapus
  9. Bisa di pakai di Router TP Link MR3420 ga ya?

    BalasHapus
  10. Saya pake indosat sinyal hsdpa nya ada tapi kecepatan nya lambat gan

    BalasHapus
  11. Maaf sebelumnya gan, ane mau tanya nii gan, kenapa modem mifi Alcatel ane ngga main mobile legend di mode rank atau clasic dan vs ai. Cuma bisa main di mode custom, padahal awalnya lancar aja, setelah beberapa hari jadi ngga bisa. Apa mungkin penyimpanan modem alcatelnya penuh gan, maka nya ngga bisa main mode rank,

    BalasHapus
  12. Gan,Kalo Dipakai Ke Laptop Windows 10 Bisa?

    BalasHapus

yang baru saya tulis!

PLAYA! Casing Murah Yang Ganteng!!