CARA MENGECAT HITAM DOFF DENGAN PYLOX

Hari ini Saya akan ngeshare percobaan saya, yaitu mengecat helm warna hitam doff dengan cat pilox, helm yg saya gunakan adalah helm TRX-3 milik Honda,

Gak perlu lama2, pertama siapkan bahan - bahan berikut :

° amplas halus dan kasar, (saya menggunakan amplas 220 dan 1000)
° cat pylox tentunya, BLACK FLAT 109A.
° dan air yang mengalir


Kedua, lepas seluruh atribut dan aksesoris helm, seperti kaca dan busa.


Ketiga mulai amplas helm dengan amplas kasar hingga cat pada helm mulai terlepas, amplas hingga merata sampai ke sela - sela helm, setelah merata, amplas lagi dengan amplas halus. Ini bertujuan agar hasil cat tidak berbentuk amplasan, di butuhkan kesabaran extra ketika mengamplas karena cukup menguras tenaga,
Jangan lupa siram dengan air saat mengamplas agar meminimalis debu yang ada, dan bilas dengan bersih setelah proses pengamplasan selesai.

Berikut adalah gambaran setelah selesai di amplas dan siap di cat.



Lap dengan lap kering dan jemur sekitar beberapa menit agar sisa bilasan kering total, jangan sampai ada sisa air bahkan setetespun, karena jika tetesan ikut di cat maka ketika kering akan menjadi timbulan - timbulan. Dan jangan coba coba membersihkan timbulan2 tersebut, karena akan membuat cat di sekitarnya ikut rusak, 

Setelah kering tutup bagian helm yang tidak ingin anda cat dan beberapa bagian helm yg tidak bisa di lepas seperti karet helm kuping helm dan leher helm, 
Saatnya proses pengecatan, 

pada saat pengecatan jangan terlalu dengat dengan object. Usahakan jaraknya sekitar 25 - 35 cm, jika tidak bisa memperkirakan jaraknya gunakan saja penggaris ukuran 40. 

Semprot lah cat dengan 1 arah, usahakan penyemprotan tidak mengulang agar penyemprotan merata dengan sisi lainnya.

Cat permukaan dengan tipis namun jangan terlalu tipis
Cat bisa di tumpuk sesuai selera biasanya tumpukan cat kurang lebih 5x tumpukan.

Cara pengecatan pun sangat sederhana, cukup semprot tipis cat pertama dan tunggu hingga 3-5 menit lalu semprot tipis lagi cat ke dua begitu seterus nya. 

Berikut hasil karya saya dengan 2 layer, selain hanya untuk percobaan, lumayan sisa cat bisa di pake ngecat yang lain.

78 komentar:

  1. wah, keren nih info nya tx gan..

    BalasHapus
  2. gan saya abis ngecat ada kaya bekas pecah pecah gitu dihelmnya, itu karena apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas gan baru balik ke blog lagi, mungkin maksud agan pecah2 bekas gelembung? jadi gini. pada saat proses pengecatan agan berada di luar ruangan atau pada saat ada angin. jadi ketika cat yang di keluarkan berupa partikel kecil dan terkena angin maka cat akan berubah menjadi gelembung dan menempel pada obyek cat yang ketika mengering cat yang berbentuk gelembung (balon) pecah seperti telur yang pecah sebagian dan mengering di permukaan. jadi kalo anda mengecat usahakan di area yang tidak ada angin atau di dalam ruangan seperti bagasi, halaman blakang dan lainnya.

      Hapus
  3. hehe makasi gan, kalo prosesnya sesuai anjuran, hasilnya juga sesuai gan

    BalasHapus
  4. Thank you gan infonya, ngebantu banget. :D

    BalasHapus
  5. itu emang mengkilat gitu mas atasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena efek cahaya matahri dan cat nya yang masih basah jadi ya terlihat sedikit mengkilat, namun tidak memantulkan cahaya penuh, dan hasil akhir tetap hitam doff..

      Hapus
  6. Mantap info nya bro, siap dicoba nanti hehe

    BalasHapus
  7. Mantap info nya bro, siap dicoba nanti hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih gan, semoga bermanfaat dan semoga berhasil percobaannya

      Hapus
  8. Saya mau ngecat helm hitam doff, apa perlu di cat dasar putih atau bisa lngsung di cat hitam doff ya gan? Trus klo sudah di cat hitam doff apa perlu pake clear untuk finishingny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah agan, semakin tebal cat nya semakin baik kualitasnya, intinya gini, hitam akan lebih terlihat jika cat dasar nya putih, jadi agan mau pake cat dasar atau tidak itu tergantung agan dan budget yang agan punya. cleaner adalah pelindung cat gan, cleaner juga berfungsi sebagai finishing, tapi kalo agan gk pake cleaner juga tidak apa, tapi biasanya cat cepet pudar, atau mudah lecet, hitam doff sangat rentan dengan gesekan gan.

      Hapus
  9. Saya mau ngecat helm hitam doff, apa perlu di cat dasar putih atau bisa lngsung di cat hitam doff ya gan? Trus klo sudah di cat hitam doff apa perlu pake clear untuk finishingny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu semua tergantung buget agan,sebenarnya bisa menggunakan cat tanpa perlu cleaner atau cat dasar namun dari hasil nya akan terlihat nanti gan, semakin banyak layer yang agan pakai maka semakin tahan lama cat yang menempel pada objek, kalo agan mau tanpa cat dasar boleh saja namun usahakan permukaan berwarna hitam ya gan, dan permukaan nya di buat (kasar halus)..

      Hapus
  10. bro bisa dijelasin cara ngelepas busanya? saya coba tapi agak susah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa bagian busa yang tidak bisa di lepas gan, harus di tutupi dengan plastik atau bahan anti air lainnya, seperti pada busa bagian telinga dan busa bagian leher belakang itu beberapa jenis helem tidak bisa di buka, ada juga helem yang tidak bisa di lepas busanya sama sekali, kebanyakan helm jenis fullface, (helm motocross/motosport)

      Hapus
  11. Kalo wrna doff, biar jdi kilat mcm mna gan, pny saya nhk r6 hitam doff

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunakan clear, clear ada 2 jenis, clear kilat dan clear doff, kalo agan mau berjenis doff menjadi kilat tanpa mengganti warna, coba gunakan clear yang untuk mengilatkan, tinggal di semprotkan saja, namun ada baiknya di bersihkan terlebih dahulu...

      Hapus
  12. Lebih detail lg penjelasannya bro biar lebih mudah difahami!

    BalasHapus
    Balasan
    1. detail yang di inginkan di bagian mana nya bro? di sini ada dua sisi yang saya dapat? antara anda yang kurang memahami tulisan tersebut atau saya yang kurang jelas pada punulisan tersebut? jika saya yang kurang jelas dalam penulisan, bagian mana yang anda pertanyakan?

      Hapus
  13. Lebih detail lg penjelasannya bro biar lebih mudah difahami!

    BalasHapus
    Balasan
    1. detail yang di inginkan di bagian mana nya bro? di sini ada dua sisi yang saya dapat? antara anda yang kurang memahami tulisan tersebut atau saya yang kurang jelas pada punulisan tersebut? jika saya yang kurang jelas dalam penulisan, bagian mana yang anda pertanyakan?

      Hapus
  14. Gan kok saya cat pilok doff di helm.malah berakar gt gmna ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pecah berakar gan? mungkin cat nya sudah lama gan, (mungkin saja cat adalah stok lama) jadi dia cepat mengering, yang paling mungkin adalah cat tidak kuat panas, seperti body motor yang terkelupas ketika di jemur berhari-hari atau mungkin agan kurang banyak layer / lapisannya. banyak kemungkinan gan,

      Hapus
  15. Wih mantep,, kira bisa buat ngecat casing hp gk gan? Pengen beli casing hp gk ada dana.. Hehe, maklum anak kosan.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa gan, namun tidak recomend,, karena cat pylox (trutama doff) tidak tahan terhadap gesekan yang berlangsung secara terus menerus, jika agan mau yang lebih tahan lama, gunakan cat glossy gan, dan juga clear, gunakan dengan ketebalan yang sesuai penggunaan gan,... selamat mencoba gan..

      Hapus
  16. gan bisa untuk repaint mouse gk? mouse gw steelseries rival 300 warnanya doff, jadi gara" kena keringet warnyanya ngelupas, bagusnya di cat pake doff lg atau warna lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan baru balas, bisa aja gan tapi sayang doff sangat sensitif terhadap gesekan, itu mouse tiap hari di pegang jadi lebih cepat pudar warna nya di banding cat glow, saran saya cat dengan warna yang glow aja gan terus di clear tebal agar awet,,

      Hapus
  17. sip gan infonya sangat berguna tapi gan ane mau tanya kalo misal si cat originalnya ga di amplas efeknya apa ya gan? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik di amplas gan, amplas bukan hanya menghilangkan cat semula, tapi juga membentuk pori-pori pada permukaan yanbg mau agan cat jadi cat bisa menempel dengan sempurna,

      Hapus
  18. Bro ko punya gue jdi nya sebagian kayak sisik ya...?..tolong bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang mengerti gan sisik gemana tuh? apakah seperti pecahan gelembung gitu cuma kecil - kecil?
      mungkin tempat pada saat pengecetan kurang baik udara nya gan
      ngaruh terhadap udara terutama angin pada saat penyemprotan cat

      Hapus
  19. Gan kalo cat doff tapi finishingnya pake clear yg bukan doff bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa gan, tapi nanti cat nya bukan DOFF tapi glow gan, cet clear menentukan pada akhir nya gan, cat yang Glow jika di Clear Doff maka akan jadi Doff, begitu juga sebaliknya

      Hapus
  20. Gan mau nanya ,punya saya body motor full pakai hitam dop, yg mau saya tanya ,kenapa setelah dicat ,permukaan body motor gak bisa halus ya gan,saya sudah 2 layer,di tiap layer apa harus diamplas baru ditimpa lagi gan biar halus. Kalo retak2 gak ada cuma kalo disentuh tangan agak kasap,apa emang gitu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan, Doff adalah warna yang memang kasar, tidak ada warna doff yang halus,, -_-

      Hapus
    2. klo boleh saya cb jwb, ane jg br br kelar cat pilox motor ane sebody pak pilox doff, intinya klo cat lapis pertama agan nemuin hasil yg kasar, agan amplas aja pake amplas halus 1000-1500, nnt cuci lg, keringkan br dicat lapis 2 nya dan seterusnya

      Hapus
  21. Mas kalo mau warna item doff warna dasarnya apa ya mas?

    BalasHapus
  22. Helm saya ink cl max, saya nak cat ke warna putih dan cat yang saya pakai itu samurai paint, apakah harus di amplas dulu tuh helm? Atau lansung hajar. Dan saya punya pertanyaan knpa saat mencat helm ada macam buih gelembung? Apakah krn faktor cat atau faktor lain? Media yg saya cat itu helm honda trx 3 dan cat yg saya gunakan adalah rj

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelum di semprot ke helm, semprot dulu sedikit ke koran bkas untuk membersihkan nozzle, dan sehabis dipakai balikkan kaleng pylox dan semprot sedikit ke udara bebas untuk membersihkan saluran untuk pengecatan selanjutnya.
      jarak kaleng pylox ke helm juga bisa mempengaruhi

      Hapus
  23. Gan boleh minta kontak line atau wa nya ? Saya mau tanya tanya soalnya rencana mau custom helm , untuk sementara ini mau di cat dulu cmn blum paham nih.. thx

    BalasHapus
  24. Mantap nih tutorialnya. Thx bro

    BalasHapus
  25. THANKS GAN
    HELM SAYA ASALNYA FULL PINK JADI HITAM DOFF RAPIH LG😊

    BalasHapus
  26. Pengen helm kepala predator yang hitam doff itu , ealah ternyata harganya muahall tenan to.

    BalasHapus
  27. MAKASIH MIN. Udah saya praktekin dan berhasil. Bener² capek ngamplasnya. Tapi puas sih.

    BalasHapus
  28. Wah kebetulan nih sama helmnya bonus dr beli motor honda y min..hehe..punya sya jg mau dipylox lg udh lecet2 :D thanks ilmunya. Kalo ditimpa lg pke pylox wrna clear/transparan bagus ga min klo warna black doff gt?

    BalasHapus
  29. Gak perlu cat dasar lagi kan mas bro

    BalasHapus
  30. Kalau ngecat body motor dgn hitam doof agar tahan lama kex mna bang?

    BalasHapus
  31. Kalau pake cat pilox merk super spray gimana apa mau bagus juga hasilnya? Takutnya nanti pas ngecet malah jelek & nyesel

    BalasHapus
  32. Itu bisa untuk semua jenis helm kan ya?

    BalasHapus
  33. Salam gan,
    Setelah di cat doff, apakah perlu d kasih clear gan?? Tanks..

    BalasHapus
  34. Gan kalo ga diamplas dulu ntar jadinya gimana ya?

    BalasHapus
  35. Uda dicat hitam doff tapi hasilnya belang2 sperti ada panunya gan. itj knp ya gan?
    padahal uda digosok amplas.

    BalasHapus
  36. Uda dicat hitam doff tapi hasilnya belang2 sperti ada panunya gan. itj knp ya gan?
    padahal uda digosok amplas.

    BalasHapus
  37. Gan catnya pake pilok apa ya yang bagus dan cocok untuk helmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pake Samurai gan. Atau pake Pylox. Tapi tergantung ngecatnya gimana sih, hehe.
      Baru finishing pake Clear Doff.

      Tapi ane pernah dikasitau, kalo mau lebih kuat, cat dulu pake surfacer (epoxy), baru black doff. Baru dipernis pake clear doff.

      Hapus
  38. gan sayakan udh ngecat pake pylox, nah ada permukaan yg kasar.. trus saya amplas sedikit supaya ilang bagian yang kasarnya.. setelah diamplas kok ada noda putih gitu.. udh dicuci tidak hilang bekasnya.. cara menghilangkannya bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane juga pernah ngalamin gan, tapi di kasus ane, (kayaknya) itu bekas amplas.
      Kalo ane biasanya, cukup amplas kayak agan. Sampe kerasa merata sama bagian lainnya.
      Terus ane pylox lagi.
      Tapi kalo ga lagi males dan ga sibuk, ane amplas ulang aja semuanya, hahaha.

      Hapus
  39. Mantap gan. Ane pake tutorial agan buat airsoft sih.
    Pas ane baca-baca lagi di katalog, Black Doff udah masuk cat primer.
    Tapi perlu dikasih epoxy/surfacer lagi ga, gan (sebelum ditimpa Black Doff)? Katanya biar makin nempel kayak doi, hehe (ini mau eksperimen juga sih pake epoxy).

    BalasHapus
  40. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua sukses gan
    https://www.talyaflorist.com

    BalasHapus
  41. Habis itu dicat pake clear lagi gak?

    BalasHapus
  42. Klo warna biru setelah di amplas bisa lgsg warna hitam doff gk gan?

    BalasHapus
  43. Klo cat dasarnnya merah,,langsung di tiban hitam doof ,,hasilnya gmn gan??

    BalasHapus
  44. Gan kan saya mau ngecat helm sy pkek black doff tp nnti juga akan saya kasih motif tulisan dgn wrna yg lain rencana Nya agar cat nya lbih awet mau sy finishing dgn clear doff jg it nnti yg wrna lain nya trgnggu gk gan???tlong djwab sgra...

    BalasHapus
  45. Itu catnya gausah pake clear kan ya kak... merk pyloknya apa kalau samurai lebih bagus gakk

    BalasHapus
  46. Pake clear gak warna dasar silver bagus gak .. kalo dasar helm nya doff biar jadi doff lagi gimana mau ganti warna

    BalasHapus
  47. Gan,saya pilox bodi motor saya yang awalnya warna merah doff,terus saya langsung pilox warna hitam doff pas udah kering catnya gampang ngelupas...
    Itu solusi supaya cat nya tidak ngelupas apa ya?

    BalasHapus

yang baru saya tulis!

PLAYA! Casing Murah Yang Ganteng!!