Water pump (pompa air) mini DC 12V, untuk pendingin PC

Ayoooo abang - abang, mbak - mbak, yang mau bikin water cooler atau liquid cooler custom buat PCnya siapa ni?  kebetulan saya punya refrensi nih salah satu part water cooler buat kalian yang mau bikin water cooler customnya sendiri. Di sini saya menggunakan water pump JT - 180A buatan JAVTOP, javtop memang perusahaan yang bekerja di bidang mompa memompa, saya mendapatkan pompa ini dengan harga sekitar 150 ribu.


Memang jika kalian googling searching dan brosing di dunia maya tentu ada yang lebih murah selain waterpump ini, tapi jangan terkecoh dengan harga yang murah dulu. karena belum tentu harga yang murah menentukan kualitas nya kan? ada baiknya kalian liat review sebelum menentukan pilihan. 
ya udah gak usah banyak cincong, yuk liat spesifikasi nya di bawah


Pada bagian depan water pump ini tertulis tegangan listrik (input) : DC 4 - 12 Volt dan 0.5 - 5 Watt
dengan Hmax (high max) atau kemampuan dorong ke atas sejauh : 40 - 250 cm.
dan Qmax / kuantitas seberapa banyak air yang dapat di aliri dalam hitungan jam : 100 - 300 Liter / Jam. Kedua hal ini tergantung pada seberapa besar anda memberi tegangan nya, (input)
tapi jangan langsung main colok ke listrik rumah, bisa angus tuh pompa.
Di sana juga tertulis peringatan bahwa waterpump ini hanya di pergunakan untuk air. yelah air radiator kan sama - sama aerr. :3 oia, pompa ini juga udah tersertifikasi RoSH , jadi apa itu RoSH? cari aja di google :v yuk lanjut ke ukuran fisiknya.


Sebenernya saya tidak tau mana panjang lebar dan tingginya, jadi patokanya tulisan yang ada di casing waterpump nya. kalo tulisannya berdiri berarti itu pompa lagi berdiri :D
jadi ketinggian body waterpump ini berkisar 4cm di tambah panjang pipa saluran airnya 1cm jadi total 5cm


Terus panjang bodynya sekitar 2.5cm di tambah panjang saluran air 1cm jadi total sekitar 4.5 cm


Dan panjang body nya sekitar 3.5cm terus kita lanjut pada diameter saluran air nya. oia dilihat dari bentuk nya, sepertinya pompa ini menggunakan sistem kerja sentrifugal. sebenarnya ada banyak sistem kerja pompa, kalian bisa cari sendiri informasinya.


untuk diameter saluran air pada kedua ujungnya berukuran sama, pada diameter luar saluran ini memiliki ukuran 8 mm dengan selisih 0.5mm dengan ukuran dalamnya.



pada bagian input / air yang akan di sedot terdapat dibagian atas waterpump dan tidak memiliki semacam drat atau gigi untuk menahan selang agar tidak mudah terlepas, ini dilakukan mungkin karena fungsinya yang sudah menyedot. sedangkan pada bagian outputnya terdapat gigi agar selang tidak mudah terlepas ketika selang menyemprotkan air keluar.

Dan Bagaimana setelah di uji coba?
cek video di bawah,


dengan panjang selang output yang nyaris 1 meter, (kurang lebih 80 cm) dan input 120 cm benda ini mampu mengalirkan air sebagaimana di harapkan, saya rasa dengan panjang selang segitu cukup untuk men-simulasikan pergerakan air menuju radiator - water block - reservoir atau tangki air nantinya.. satu lagi, jagan menghidupan pompa tanpa air, itu bakal ngerusak pompa nya, pompa jadi cepet panas dan mungkin bisa gosong...

sekiaan....

2 komentar:

  1. Saya punya pompa air mini dc mirip kaya gni min, bisa ga dipake untuk aquarium ya?

    BalasHapus
  2. bisa banget bang, justru itu adalah pompa akuarium,, cocok untuk ukuran aquarium 50x50 ke atas

    BalasHapus

yang baru saya tulis!

PLAYA! Casing Murah Yang Ganteng!!